Saturday, December 16, 2017

Game Online Lebih Berbahaya Daripada Narkoba???

Zaman sekarang siapa yang tidak mengenal game online? game online memberikan banyak sekali manfaat bagi penggunanya. Namun, saat sekarang ini banyak orang yang telah menjadi pecandu berat game online sehingga menyalahgunakannya khususnya anak-anak dan remaja. Game online yang dimainkan secara berlebihan dampaknya justru dapat merugikan. Berikut adalah beberapa contoh dampak negatif dari game online.

Dampak Negatif Dari Segi Jasmani


Tidak mengherankan lagi anak-anak dan remaja yang memiliki kegemaran bermain game online memiliki daya tahan tubuh yang lemah akibat kurangnya aktivitas fisik, duduk terlalu lama, sering terpapar radiasi dari perangkat komputer dan jarangnya mengeluarkan keringat. Penyakit yang sering dialami oleh pencandu game online antara lain : serangan jantung, stroke, mata minus dan obesitas. Bahkan kecanduan game online juga sudah sampai memakan korban jiwa, tercatat di Korea Selatan ada seorang pemuda yang meninggal dunia karena bermain game online selama 50 jam tanpa henti.

Mempengaruhi Prestasi Belajar

Waktu luang yang seharusnya dipergunakan untuk mempelajari mata pelajaran sekolah justru dihabiskan untuk menyelesaikan tugas-tugas dari game yang dimainkan. Daya konsentrasi juga terganggu karena terlalu lama bermain game online sehingga anak-anak menjadi tidak fokus dengan pelajaran yang disampaikan oleh guru mereka. Pada orang dewasa, game online dapat mempengaruhi kinerja mereka di tempat kerja, sehingga tidak menutup kemungkinan berujung dengan pemectan.

Dampak Negatif Dari Segi Keuangan.

Permainan game online juga membuat orang menjadi terbiasa dengan gaya hidup boros, karena bagi mereka yang tidak memiliki  fasilitas komputer sendiri di rumah mereka terpaksa bermain di warnet yang secara ototmatis juga mengharuskan mereka untuk mengeluarkan uang, dan bagi mereka yang memiliki fasilitas komputer, maka mereka harus mengeluarkan biaya untuk pembayaran tagihan listrik.

Kesulitan Bersosialisasi Dengan Orang Lain

Mereka yang terbiasa hidup dalam dunia maya biasanya akan kesulitan dalam bersosialisasi di dunia nyata. Ini dikarenakan jarangnya berkomunikasi dengan orang lain dan jarang berbaur dengan masyarakat sekitar, keluarga dan juga teman teman. Kecanduan akan dunia maya juga mengarahkan kepada pengaruh  negatif lainnya misalnya pornografi.

Dan sebagai penutup, Dunia maya memang mempunyai dampak positif tetapi mempunyai dampak negatif juga semua itu tergantung dengan cara kita menyikapi dan menjalaninya.

No comments:

Post a Comment

Hal Yang Mendatangkan Keuntungan Berlimpah Dalam Permainan Domino Online

Keuntungan adalah salah satu tujuan yang diincar oleh setiap pemain ketika sedang bermain permainan kartu online yang mereka sukai. Permain...